Nah kali ini saya mau share cara buat web server dengan 3 domain,
setelah instalasi selesai, ikuti langkah yang ada di bawah ini,, cekidot..
1. masuk ke akun root
- edit interfacesnya, untuk mengatur ip yang akan di gunakan
- nah akan ada gambar seperti diatas ini
- edit dan hapus sebagian skripnya, lihat contoh di atas
- restart interfacesnya… dengan cara ” /etc/init.d/networking restart “
- lalu install ” bind9 ” .. dengan cara ” aptitude install bind9 “
- jika di minta konfirmasi instalasi, masukkan ” y ” lalu enter
- edit konfigurasi pada bind, dengan ” nano /etc/bind/named.conf “
- maka akan ada tulisan seperti diatas,
- pindahkan ke paling bawah namun di atas tulisan ” include bla bla bla “
- masukkan domain yang akan di buat.. dan simpan konfigurasi..
- setelah di simpan, kopi pastekan file yang telah anda buat, dari ” db.local ke db. yang dibuat ” dan ” db.127 ke db.192 “
- edit skrip pada db. yang telah dibuat..
- restart konfigurasi pada bind9 nya.. dengan cara ” /etc/init.d/bind9 restart “
- cek lah domain anda, di server, dengan cara ” nslookup domain “
- install aplikasi yang di perlukan untuk membuat web di server ” aptitude install apache2 php5 “
- ikuti petunjuk seperti yang di atas, untuk mengkopi data domain 1 ke domain lain…
- edit dan tambahkan ServerName, ServerAlias, dan pindah lokasinya,, cermati lokasi yang ada, jangan sampai salah..
- buatlah direktori baru yang telah anda tulis tadi.
- lalu edit pada ” /var/www/index.html “
- editlah sesuai selera anda
- kopikan file indek yang telah di buat tdi ke dalam folder yang telah anda buat tadi,..
- editlah halaman index.html tadi agar bisa membedakan antara halaman satu dengan halaman lainnya berbeda.
- editlah halaman yang telah di buat tadi
- restart konfigurasi apache2 yang telah di buat tadi.. dengan cara “/etc/init.d/apache2 restart “
- selah berhasil di restart, maka aktifkan web yang telah dibuat tadi menggunakan perintah ” a2ensite *** “
- jika sudah maka reload web server yang telah di buat tadi.
- koneksikan dengan client nya,, lalu ping untuk mengecek apakah sudah terhubung
- sukses buat anda… !!!
- cek dns di client anda,, dengan nslookup domain
seharusnya sudah bisa semua…nah ini adalah hasil dari web yang telah saya buat..
- keterangan – ip yang saya gunakan adalah 192.168.4.1 – gateway sesuaikan dengan server – domain 1 = ahmad.dz – domain 2 = dzub.ay – domain 3 = ah.mad





















































